Pages

Senin, 20 Januari 2014

Jintan

Pada postingtan ini, saya akan membahas tentang tumbuhan Jintan. menurut sepengetahuan saya, Jintan itu dibedakan menjadi 2, yaitu Jintan Putih dan Jintan Hitam. pertama - tama saya akan membahas tentang Jintan Putih.


Jintan Putih (Cuminum cyminum), tanaman ini termasuk tanaman tahunan dengan batang ramping bercabang dengan tinggi 20-30 cm. Panjang daunya 5-10 cm, berbentuk menyirip rangkap dan memiliki anak daun seperti benang. Bunganya kecil, berwarna putih atau merah muda, dan bergerombol pada payungan bunga. Buahnya merupakan longkah (achene) menggelendong lateral atau oval dengan panjang 4-5 mm dan mengandung satu biji. Biji Jintan Putih mirip dengan biji adas, tetapi lebih kecil dan gelap. Jintan putih umumnya digunakan sebagai bumbu dapur pada sejumlah masakan Indonesia, seperti dari Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Aromanya kuat dan memberi efek pedas. Jintan putih dijual dalam bentuk biji kering (berbentuk memanjang seperti beras) berwarna coklat muda, dan biasa digunakan untuk membuat Kari.

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.
Abu Hurairah pernah mendengar Rasulullah Muhammad SAW bersabda: "Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut". Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari (10:118-119).
Biji tumbuhan ini agak keras, lebar lebih kurang 1 mm permukaan luar berwarna hitam kecoklatan, hitam kelabu sampai hitam


0 komentar:

Posting Komentar